FKIP Univet Bantara Selenggarakan Seminar Internasional “Education Issues In Digital Era”

Sukoharjo – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Veteran Bangun Nusantara menyelenggarakan Internatonal Conference on Education bertajuk “Education Issues In Digital Era” pada Selasa (8/8/2023) pagi. Kegiatan ini dilaksanakan secara virtual via zoom dengan moderator Mas Sulis Setiyono, S.Pd., M.Hum.

Seminar Internasional yang diselenggarakan oleh FKIP Univet Bantara ini diikuti lebih dari 100 peserta dari berbagai universitas di Indonesia dan tentunya dosen serta mahasiswa di lingkungan Univet Bantara sendiri.

FKIP Univet Bantara menghadirkan 4 narasumber dari 4 negara berbeda, yaitu Mohamad Zain Musa founder of SEPAMA Kamboja, Dr. Siti Hajar Halili dari University Malaya Malaysia, Prof. Dr. Suwarto, M.Pd. dari Universitas Veteran Bangun Nusantara Indonesia, dan Dr. Merissa Ocampo, Ph. D dari Fukushima Gakuin College Jepang. Sedangkan untuk peserta pemakalah sendiri berasal dari Malaysia, Kamboja, Thailand, dan Indonesia.

Dalam sambutannya, Dekan FKIP Univet Bantara Dr. Singgih Subiyantoro, M.Pd. menyampaikan bahwa seminar internasional kali ini adalah tahun kedua penyelenggaraan oleh FKIP Univet Bantara.

Dekan FKIP Univet Bantara juga berharap seminar internasional FKIP ini bisa berjalan setiap tahun dengan mengangkat isu-isu terkini di bidang pendidikan dan teknologi pendidikan.

Ketua Panitia Muhlis, menambahkan, “International Conference on Education 2023” merupakan sebuah seminar internasional yang mengangkat tema-tema pedidikan di era digital yaitu suatu era yang berkaitan dengan perkembangan teknologi digital yang semakin banyak bermunculan di semua aspek kehidupan kita tak terkecuali di bidang Pendidikan.

“Pendidikan sebagai sarana dan upaya mencerdaskan kehidupan bangsa hendaknya selalu mengikuti perkembangan jaman untuk menciptakan generasi yang berkualitas. Dan seminar ini akan mengupas banyak isu mengenai pendidikan di era digital yang diharapkan akan memberikan banyak manfaat kepada kita semua,” ujarnya.

Untuk “Opening Speech” disampaikan oleh Rektor Univet Bantara Sukoharjo, Prof. Dr. Farida Nugrahani, M.Hum. Dalam kesempatan itu, Prof. Farida mengapresiasi penyelenggaraan seminar internasional oleh FKIP tersebut. Menurutnya, bicara dunia digital sangat menarik, apalagi dikaitkan dengan dunia pendidikan.

“Berkembangnya dunia digital ini tentunya menjadi tantangan bagi para praktisi pendidikan utamanya tenaga pendidik karena dituntut untuk bisa menyesuaikan diri. Disisi lain, berkembangnya dunia digital juga harus diwapadai karena dengan mudah bisa diakses siapapun termasuk peserta didik,” ujarnya.

Materi yang disampaikan oleh narasumber dalam seminar internasional ini tentunya berbeda-beda. Mohamad Zain Musa dari Kamboja menyampaikan materi yang berjudul “Pendidikan Dalam Masyarakat Khmer Islam”, Dr. Siti menyampaikan materi berjudul “Embracing Innovative Instructional Practices”, Prof. Suwarto menyampaikan materi berjudul “An Analysis of Science Test Items”, dan yang terakhir Dr. Merissa menyampaikan materi dengan judul “Humans Journey To Artificial Intelligence and Related Issues About It”.

Di akhir acara ditutup dengan sesi tanya jawab antara narasumber dan peserta seminar.

Copyright © 2022 - UNIVET BANTARA