Pengabdian Masyarakat, FISH Univet Bantara Sukoharjo Gelar Bimtek Jurnalistik Untuk ASN Pemkot Solo

Solo – Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FISH) Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo melakukan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan itu diwujudkan dengan memberikan bimbingan teknis (bimtek) jurnalistik dan komuniksi publik kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkot Solo di Balai Menganti Praja Kompleks Balaikota Solo, Selasa (25/7/2023).

Kepala Bagian (Kabag) Protokol, Komunikasi dan Administrasi Pimpinan Setda Pemkot Solo, Herwin Tri Nugroho, menyampaikan bimtek diikuti oleh ASN yang menjadi admin website dan juga media sosial di lingkungan Pemkot Solo. Dengan bimtek tersebut diharapkan para ASN yang jadi peserta memiliki pengetahuan tentang dasar-dasar jurnalistik dan kominikasi publlik yang baik.

“Harapannya, kebijakan dan juga program-program Pemkot Solo tersosialisasikan dengan baik,” ujar Herwin.

Herwin juga mengatakan, jika ASN memiliki bekal terkait jurnalistik dan juga komunikasi publik yang baik, apa yang menjadi keluhan masyarakat melalui kanal-kanal aduan dan juga aspirasi dapat direspon dan dapat memerikan solusi yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Sedangkan Dekan FISH Univet Bantara Sukoharjo, Yoto Widodo, mengatakan jika kegiatan pengabdian kepada masyaraat rutin dilakukan tiap tahun karena menjadi salah satu tugas wajib dosen dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut juga digunakan oleh Yoto untuk mengenalkan Univet Bantara Sukoharjo kepada peserta bimtek. “Kami berharap bimtek ini dapat berguna bagi para ASN terkait dasar-dasar jurnalistik dan juga komunikasi publik,” ujarnya.

Pengabdian masyarakat FISH Univet Bantara Sukoharjo tersebut juga menghadirkan sejumlah narasumber. Selain dosen, FISH Univet juga menghadirkan narasumber dari kalangan praktisi media.

Untuk materi Dasar–Dasar Jurnalistik disampaikan oleh praktisi media, Sofyan Yuli, materi Dasar-dasar Publikasi Kehumasan disampaian oleh Adhika Prasetya Kusharsanto dari FISH Univet, materi Komunikasi Publik oleh Pimred XNews.ID, Sumarno, dan juga dari Tim Media Gibran Rakabuming Raka, Lilis Maryati yang menyampaikan materi tentang pembuatan caption media sosial yang menarik.

Terlihat hadir di kegiatan tersebut Wakil Dekan FISH Univet Bantara Sukoharjo, Betty Gama dan juga Kaprodi Ilmu Komunikasi, Henny Sri Kusumawati.

Copyright © 2022 - UNIVET BANTARA