Univet Bantara  Sukoharjo Selenggarakan Training Migrasi Jurnal dan Upgrade OJS 3 Jurnal

Sukoharjo – Bertempat di Ruang Seminar Gedung H lantai 3, Bidang I dan pengelola jurnal Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo melaksanakan kegiatan training dan upgrade Sistem Pengelolaan Jurnal (OJS) pada Selasa (29/08/2023). Kegiatan training dan migrasi OJS diikuti oleh perwakilan pengelola jurnal sebanyak 47 peserta.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik Dr. Ir. Sri Hartati, M.P. yang memberikan sambutan dan sekaligus membuka acara.  Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa Univet Bantara Sukoharjo memiliki 17 jurnal yang sudah terakreditasi sinta 6-3  dan terdapat 10 jurnal yang sedang berproses akreditasi. Oleh karena itu tata kelola dan sistem jurnal di Univet Bantara harus ditingkatkan kualitasnya.

Saat ini Universitas sedang menata pengelolaan jurnal di lingkungan Univet Bantara Sukoharjo agar jurnal-jurnal semakin berkembang dan secara kualitas semakin meningkat, kedepan ditargetkan ada beberapa jurnal-jurnal yang terakreditasi di sinta 3 dan 4 dapat  meningkat akreditasinya ke Sinta 1-2, bahkan ada jurnal yang berpotensi untuk dapat terindeks scopus.

Dr. Singgih Subiyantoro M.Pd., sebagai pemateri dalam kegiatan ini menyampaikan beberapa point materi yaitu terkait dengan sistem dan alur tata kelola jurnal,  persyaratan jurnal  agar dapat terakreditasi Sinta  serta menyampaikan teknis sistem migrasi OJS 3 yang tentunya dalam pengoperasiannya berbeda dengan OJS 2 yang selama ini telah digunakan oleh jurnal Univet.

Migrasi OJS 3 adalah perbaharuan sistem jurnal elektronik yang ada ke versi yang lebih baru. OJS 3 memiliki peningkatan fungsionalitas dan fitur-fitur baru yang akan mempermudah manajemen jurnal, peninjauan artikel, dan publikasi. Selain itu, OJS 3 juga menghadirkan perbaikan keamanan yang penting untuk melindungi data dan informasi sensitif. OJS 3 menawarkan antarmuka yang lebih modern dan responsif, yang akan meningkatkan pengalaman pengguna baik bagi para penulis, editor, dan reviewer. Tujuan ini akan membantu meningkatkan efisiensi proses manajemen jurnal dan meningkatkan partisipasi aktif dalam penerbitan ilmiah.

OJS 3 memungkinkan integrasi dengan teknologi terbaru, seperti identifikasi DOI (Digital Object Identifier), sistem manajemen metadata yang lebih baik, dan integrasi dengan layanan indeksasi akademik. Tujuan migrasi adalah memanfaatkan teknologi ini untuk meningkatkan visibilitas dan citasi artikel yang diterbitkan. Versi OJS yang lebih baru biasanya mendapatkan pemeliharaan yang lebih baik dari pengembang. Migrasi ke OJS 3 akan memastikan bahwa jurnal memiliki akses ke pembaruan, perbaikan bug, dan dukungan teknis yang diperlukan untuk menjaga kelancaran operasional jurnal.  Migrasi ini juga merupakan kesempatan untuk melakukan kajian ulang terhadap proses-proses manajemen jurnal yang ada. Oleh karena itu, kegiatan pelatihan Migrasi dan upgrade OJS 3 kepada para pengelola jurnal univet menjadi penting dengan tujuan untuk memastikan bahwa proses-proses pengelolaan tersebut berjalan efisien, terdokumentasi dengan baik, dan sesuai dengan standar penerbitan ilmiah yang berlaku. Selain itu, memastikan bahwa semua pihak yang terlibat dalam publikasi memiliki pemahaman yang baik tentang fitur-fitur baru dan proses-proses yang diperbarui.

Copyright © 2022 - UNIVET BANTARA