Mahasiswa PPG Prajabatan Univet Bantara Sukoharjo Gelar Karya Proyek Kepemimpinan II

Sukoharjo – Mahasiswa PPG Prajabatan Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo melakukan Gelar Karya Proyek Kepemimpinan II. Gelar Karya dilakukan di Auditorium Univet, Kamis (10/8/2023). Gelar karya tersebut diikuti oleh 88 mahasiswa semester 2 gelombang II yang terbagi dalam tiga kelompok.

Koordinator PPG Univet Bantara Sukoharjo, Dr. Mukti Widayati, M.Hum., menyampaikan tema dalam gelar karya ini adalah “Service Learning dalam Bingkai Proyek Kependidikan”.

“Mahasiswa sudah berupaya semaksimal mungkin selama menjalani kuliah satu semester dan hasilnya luar biasa,” ujarnya.

Dikatakan Mukti, hasil yang dicapai tidak sekadar dilihat secara kasat mata, tapi banyak juga luaran yang bisa diakses secara online. Ada kelompok mahasiswa PPG yang sudah mempublikasikan berupa buku ber-ISBN, artikel di jurnal ilniah, dan ada juga yang melakukan pendaftaran di Haki.

“Ada 88 mahasiswa yang mengikuti gelar karya yang akan diuji oleh dosen dan guru pamong. Dengan gelar karya ini diharapkan masyarakat luas semakin mengenal Univet,” ujarnya.

Sedangkan Rektor Univet Bantara Sukoharjo, Prof. Dr. Farida Nugrahani, M.Hum., menyampaikan gelar karya untuk mahasiswa PPG Prajabatan penting karena Univet tidak sekadar menjalankan kewajiban sebagai penyelenggara PPG, tapi sekaligus ingin menunjukkan komitmen Univet kepada masyarakat untuk menjadi Perguruan Tinggi unggul di tahun 2025.

“Kewajiban semua kelompok ada luaran yang bisa dipublikasikan. Bisa buku ber-ISBN artikel di jurnal terakreditasi Sinta, dan lainnya,” ujar Rektor.

Prof. Farida mengaku saat ini Univet Bantara Sukoharjo berada di ranking 97 nasional berdasarkan Unirank. Untuk itu, Univet terus berbenah agar bisa menjadi PT terakreditasi unggul. Harapannya, ke depan program PPG Prajabatan juga bisa terakreditasi unggul.

“Sebentar lagi lulus dan kembali menjadi pendidik, Univet membuka kesempatan bagi alumni untuk melanjutkan S2,” pesannya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Pembina Pendidikan Perguruan (YPPP) Veteran Sukoharjo, Drs. Bambang Margono, M.M., mengapresiasi kegiatan tersebut. Bambang berharap gelar karya tersebut bisa mencerminkan apa yang akan dijangkau dan apa yang diinginkan mahasiswa saat menjadi pendidik.

“Kalau dulu alat peraga pendidikan masih manual, dari kertas dan lainnya. Kalau sekarang sudah eras digital. Jadi tantangan agar siswa rajin belajar menggunakan gadget dan disisi lain siswa tidak kecanduan pada gadget,” tambah Bambang.

Copyright © 2022 - UNIVET BANTARA