Mengoptimalkan Potensi Desa Melalui Kerajinan Tangan Berbasis Ekonomi Kreatif bersama Kelompok KKN Univet Bantara

Sukoharjo – KKN Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo periode 1 tahun 2022/2023 mengangkat tema “Pemberdayaan Jiwa Entrepreneur Masyarakat melalui Ekonomi Kreatif. Pada kesempatan kali ini kami kelompok 07 dengan anggota 9 orang yaitu Yusuf Maisya Firdaus, Tinto Gigih Hermawan, Misbahkul Munir dan Tauhid Yan Nuswantoro Program Studi Agribisnis, Maulina Rizky dan Onshie Jovana Devi Program Studi Manajemen, Dwi Sriyatno dan Handrian Dharma Handika Wijaksana Program Studi Teknik Sipil, serta Rahmat Hidayat Program Studi Ilmu Komunikasi.

Berkesempatan untuk menjalankan KKN di Desa Jendi Kecamatan Selogiri Kabupaten Wonogiri. Berdasarkan tema yang telah diangkat dari kampus serta beberapa masukan dari desa Jendi, kami mengusulkan : “Pengoptimalan Potensi Desa melalui Kerajinan Tangan Berbasis Ekonomi Kreatif” sebagai program Kerja unggulan kelompok kami.

Proker unggulan ini di angkat karena adanya bank sampah dan banyaknya barang bekas atau sampah yang sebenarnya bisa diolah kembali dan menghasilkan nilai tambah baik berupa nilai jual maupun manfaat, namun masih belum di manfaatkan secara optimal. Sasaran utama pada program kerja ini adalah karang taruna atau generasi muda dimana mereka memiliki pemikiran yang cemerlang dan mampu diharapkan untuk mengikuti perkembangan zaman. Selain itu, kesuksesan Generasi muda merupakan kunci kesuksesan sebuah negara. Serta masyarakat pada umumnya karena merka adalah kunci dari berjalannya suatu kedaulatan.

Proker ini akan kami jalankan mulai minggu ke 3 setelah penerjunan dan diharapkan akan memuai hasil pada minggu ke 6 pada saat kami KKN. Implementasi KKN ini akan dilakukan melalui beberapa langkah yakni :

Sosialisasi, Pelatihan dan Pendampingan pembuatan kerajinan tangan berbahan dasar kain perca untuk membuat taplak meja, serta Plastik dan Sak semen untuk membuat media veltikultur dan Handkrafting (bunga plastik).

Pelatihan pemasaran produk secara digital marketing melalui pemanfaatan teknologi dan media sosial seperti Instagram, Tiktok, Youtube, Google Bisnisku dan lainya

Serta arsip data dengan memanfaatkan kemajuan teknologi melalui aplikasi – aplikasi yang telah tersedia.

Berdiri atau berkembangnya UMKM bidang kerajinan tangan merupakan luaran yang kelompok kami harapkan dari program kerja ini. Serta berkembangnya pengetahuan masyarakat di bidang usaha untuk meningkatkan perekonomian mereka dan terbukanya peluang kerja baru menjadi tujuan pokok dari proker kami.

 

Copyright © 2022 - UNIVET BANTARA