Seminar “ Penulisan dan Publikasi Artikel Ilmiah”

Sukoharjo – Kamis 11 Januari 2024, kelompok Studi Penalaran dan Penulisan Fakultas Ekonomi Universitan Veteran Bangun Nusantara  melaksanakan kegiatan Seminar “ Penulisan dan Publikasi Artikel Ilmiah” dengan pemateri saudara Fierdha Abdullah Ali S.Pd. bertajuk membangun semangat kepenulisan mahasiswa dan kiat-kiat menerbitkan jurnal ilmiah bereputasi. Dalam  kegiatan seminar yang  diikuti oleh mahasiswa prodi manajemen semester 5 yang diadakan di ruang seminar gedung H Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. Dalam kegiatan seminar ini, diharapkan mahasiswa memiliki ketertarikan dalam penulisan jurnal ilmiah bereputasi dan dapat merasakan berbagai manfaat serta keuntungan dari publikasi jurnal ilmiah.

Sebelumnya narasumber menjelaskan jurnal bereputasi adalah jurnal yang terindeks di dalam database bereputasi. Jurnal ilmiah merupakan sarana penting dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain memberikan informasi, jurnal ilmiah juga memungkinkan peneliti mempublikasikan temuannya untuk dibagikan dan digunakan serta diakses oleh publik.

Dalam pemaparannya,Saudara Fierdha menyampaikan hal-hal dasar yang harus dikuasai sebelum menulis jurnal ilmiah yang akan dipublikasikan.  Hal terpenting adalah memperhatikan ruang lingkup penulisan artikel itu sendiri. Yang harus menjadi fokus mahasiswa kemudian adalah naskah artikel yang baik. Naskah artikel yang baik akan memudahkan pembaca untuk memahami dan menelusuri jurnal tersebut. Untuk menciptakan naskah yang baik, penulis harus banyak mempelajari jurnal lain dan memiliki inovasi yang tinggi. Fierdha juga menyampaikan terkait pentingnya memperhatikan plagiarisme yang masih sangat kental di bidang penulisan. Beliau menghimbau agar mahasiswa menghindari plagiasi ketika menciptakan sesuatu, termasuk menulis. Fierdha juga menyampaikan beberapa website publikasi jurnal ilmiah yang bisa diakses oleh mahasiswa  seperti jurnal internasional Scopus, Doaj, Ebsco, dan Copernicus atau skala nasional yang terakreditasi Sinta.

Copyright © 2022 - UNIVET BANTARA