Pengenalan Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L) & Sosialisasi Tata Tertib Lalulintas

Sukoharjo – Pelaksanaan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Univet Bantara Sukoharjo tahun 2023, telah memasuki hari kedua yaitu yang dilaksanakan pada hari Selasa (19/9/2023).

Pada pelaksanaan hari kedua PKKMB ini, Hadi Ismanto selaku Kepala PT Jasa Raharja Perwakilan Sukoharjo, menyampaikan materi terkait Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) & Keselamatan Jalan. Dalam materinya Hadi Ismanto menjelaskan mengenai Tujuan K3, Penyebab Kecelakaan Kerja, dan Upaya Pencegahan.

Gambar 1. Hadi Ismanto selaku Kepala PT Jasa Raharja Perwakilan Sukoharjo

Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) adalah bagian dari system manajemen secara keseluruhan yang meliputi struktur organisasi, perencanaan, tanggung jawab, pelaksanaan, prosedur, proses, dan sumber daya yang dibutuhkan bagi pengembangan penerapan, pencapaian, pengkajian dan pemeliharaan kebijakan keselamatan dan kesehatan kerja dalam rangka pengendalian risiko yang berkaitan dengan kegiatan kerja guna terciptanya tempat kerja yang aman, efisien dan produktif.

Menurut Hadi Ismanto, hal yang perlu di terapkan SMK3L di area universitas dengan keseluruhan, sesuai dengan peraturan pemerintah No.50 tahun 2012, karena didalam PP No.50 Tahun 2012 sudah perencanaan penerapan pembuatan prosedur prosedur terkait Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3).

Copyright © 2022 - UNIVET BANTARA