Penyampaian Sistem Pendidikan Tinggi di Indonesia oleh Rektor Univet Bantara Sukoharjo

Sukoharjo – Pelaksanaan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Univet Bantara Sukoharjo tahun 2023 pada hari Senin (18/09/2023).

Pada pelaksanaan PKKMB ini Prof. Dr. Farida Nugrahani, M.Hum selaku Rektor Universitas Veteran Bangun Nusantara menyampaikan materi terkait Pendidikan Tinggi di Indonesia.

Di dalam materinya, Prof. Farida menjelaskan tentang materi pokok terkait sistem pendidikan tinggi. Ada 6 materi pokok terkait sistem pendidikan tinggi yaitu tujuan pendidikan nasional, jalur dan jenjang pendidikan, bentuk perguruan tinggi, tridarma perguruan tinggi, kurikulum perguruan tinggi, dan sistem kredit semester.

Gambar 1. Prof. Dr. Farida Nugrahani, M.Hum

Tujuan dari Pendidikan Nasional menurut  Undang-Undang No. 20, Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 3, “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”.

Prof. Farida berharap para mahasiswa baru dapat menjadi manusia yang cerdas, dapat berfikir kritis, kreatif, dan dapat menyampaikan pemikiran – pemikiran dengan cara yang baik.

Copyright © 2022 - UNIVET BANTARA