Penandatanganan Kerjasama Prodi Peternakan FP Univet Bantara Sukoharjo dengan “Sapi Mandiri Farm” Boyolali

Boyolali, 08 November 2022 bertempat di Kantor Sapi Mandiri Farm penandatangan perjanjian kerja sama ini ditandatangani langsung oleh Dekan Fakultas Pertanian Novian Wely Asmoro, S.TP., MSc dengan pemilik Perusahaan Sapi Potong Bapak Munawar. Munawar mengatakan bahwa kegiatan MoU berdampak positif dalam perkembangan ilmu peternakan. Lokasi peternakan tersebut berada di Dukuh Candirejo, Rt.006 Rw.004, Desa Musuk, Kecamatan Musuk, Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa tengah.  Selain Dekan Fakultas Pertanian, kegiatan Penandatangan kerjasama juga di hadiri oleh Ir. Sri Sukaryani, M. Si dan Ludfia Windyasmara, S.Pt., M.Sc selaku Kaprodi dan Sekprogdi Peternakan, beserta disaksikan 2 orang Dosen Peternakan.

Tujuan dari kegiatan penandatangan perjanjian kerja sama ini akan menjadi payung hukum selanjutnya akan ditindak lanjuti dalam kegiatan Magang Industri MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Prodi Peternakan telah mengirimkan mahasiswa sebagai bentuk implementasi dari kerjasama dengan “Sapi Mandiri Farm”. Bangsa kambing di peternakan tersebut berbagai macam seperti kambing PE, kambing kacang, kambing boer dan masing banyak lagi, sedangkan bangsa ternak sapi juga beragam yg dipelihara sebagian besar berkelamin jantan. Jumlah populasi ternak sapi sejumlah 105 ekor dan kambing 152 ekor. Limbah kotoran ternak pada peternakan tersebut di olah menjadi “Biogas” yang difungsikan sebagai bahan bakar penganti gas LPG untuk memenuhi keperluan rumah Bapak Munawar.

Prodi Peternakan mengirimkan 7 Mahasiswa peternakan semester 5 untuk pelaksanaan Magang Industri selama 4 bulan. Menurut salah satu mahasiswa yang diterjunkan dalam kegiatan magang tersebut menuturkan banyak sekali manfaat yaitu meningkatkan Mutu dan literasi Ilmu mahasiswa Peternakan terkhusus dibidang Peternakan sesuai dengan Program studi yang menaungi mahasiswa, layaknya seperti mencari Ilmu di dalam Kelas kampus, tetapi perbedaanya ini adalah Langsung Terjun praktik lapangan kepada Industri dan mengetahui secara konkret, seperti Tentang bagimana Cara memulai, menjalankan dan mengembangkan industri di bidang peternakan terkhusus Sapi dan Kambing, karena disini adalah Peternakan yang bergerak pada Hewan ternak Ruminansia (Sapi dan Kambing). lalu juga mahasiswa dapat mengetahui apa saja yang harus dipersiapkan untuk bisa menghidupi hewan ternak dan peternakan itu sendiri sesuai dengan Alur dan cara Perusahaan yang ditempati Magang.

Copyright © 2022 - UNIVET BANTARA