Mahasiswa KKN Univet Bantara Kelompok 07 bekerjasama dengan SD se Desa Jendi dalam persiapan AKM (Asesmen Kompetensi Minimum)

Sukoharjo – Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) merupakan pengukuran literasi membaca dan literasi matematika untuk siswa. AKM sendiri akan menyajikan serangkaian soal dengan sistem berbasis komputer. Dimana mayoritas anak SD masih kurang faham dalam penggunaan komputer. Untuk itu perlu diadakannya literasi digital untuk pendalaman dan pengenalan komputer kepada siswa SD.

Mahasiswa KKN Tematik kelompok 07 yang berlokasi di Desa Jendi sesuai Proker yang telah ditulis salah satunya yaitu kelas belajar. Untuk meweujudkan atau merealisasikan proker tersebut mahasiswa KKN kelompok 07 mengusulkan diadakannya Literasi digital untuk anak kelas 5 SD. Melalui ijin dari Perangkat Desa maka Kelompok 07 bekerjasama dengan SD se Desa Jendi untuk melakukan kegiatan Literasi Digital tersebut. Dimana Di Desa Jendi terdapat 3 SD yaitu SD Negeri 1 Jendi, SD Negeri 2 Jendi dan SD Negeri Bulu.

Kegiatan ini bertujuan untuk memperdalam ilmu atau kemampuan siswa dalam penggunaan komputer guna menyiapkan diri untuk menghadapi AKM. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan pendekatan yang dilakukan mahasiswa KKN tematik Kelompok 07 dalam bidang pendidikan. Serta, memberikan bantuan kepada Guru dalam mempersiapkan AKM untuk siswa – siswanya.

AKM pada tingkat SD disasarkan untuk siswa kelas 05 SD yang dijadwalkan pada bulan oktober mendatang. Adapun kerjasama ini dilakukan pada hari kamis, 25 Agustus 2022. Pada bulan – bulan ini juga bertepatan SD – SD mempersiapkan diri untuk menghadapi AKM, Sehingga kedatangan Mahasiswa KKN sangat membantu dalam pelaksanaan persiapan tersebut. Untuk jadwal kegiatan akan dijadwalkan oleh pihak SD dengan durasi 1,5 jam 2 kali dalam 1 minggu.

Literasi Digital sendiri akan dilaksanakan di ruang kelas 05 di masing – masing SD. Kegiatan yang akan dijalankan ialah pelatihan menggunakan microsoft word yaitu menulis serta rumus – rumus penggunaan keybord dan penggunaan menu toolbar yang ada. Selain itu, Siswa juga dilatih untuk cermat memahami soal, kalimat, dan paragraf dalam teks untuk literasi membaca. Kemudian di sajikan beberapa soal dan kasus untuk literasi matetatika dan akan diadakan simulasi ujian AKM di akhir pembelajaran.

Copyright © 2022 - UNIVET BANTARA