KULIAH UMUM PRODI BK MENGUSUNG TEMA: MASA DEPAN PROFESI KONSELOR DALAM TINJAUAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR

Sukoharjo (06/12/2022) – Kuliah umum rutin dilakukan oleh prodi Bimbingan dan Konseling. Tahun 2022, Prodi Bimbingan dan Konseling mengusung tema Masa Depan Profesi Konselor Dalam Tinjauan Kurikulum Merdeka Belajar. Narasumber kali ini adalah beliau Prof.Dr.M Nur Wangid, M.Si beliau guru besar bimbingan dan konseling dari Universitas Negeri Yogyakarta. Acara ini diikuti oleh kurang lebih 180 mahasiswa prodi Bimbingan dan Konseling, dewan dosen Program Studi Bimbingan dan Konseling Univet, serta dihadiri oleh Dekan FKIP.

Pada sambutannya, Dekan FKIP mengemukakan dalam kurikulum merdeka belajar diharapkan adanya keterlibatan penuh dari mahasiswa. Melalui penelitian, pengabdian, hingga pada kuliah umum kali ini harapannya dapat menambah wawasan baru dan memunculkan luaran khususnya pada akreditasi LAMDIK.

Terdapat 3 opsi kurikulum menurut narasumber yakni: kurikulum 13, kurikulum disederhanakan, kurikulum prototipe. Sedangkan kurikulum merdeka adalah nama baru dari kurikulum prototipe. Konsep kurikulum merdeka belajar adalah pembelajaran berbasis proyek, focus pada materi esensial, fleksibilitas  guru melalui proses pembalajaran. Sehingga sangat cocok dengan program studi Bimbingan dan konseling dimana bisa mengusung akhlak, gotong royong, kemandirian, kreatif, dan bernalar kritis.

 

Copyright © 2022 - UNIVET BANTARA