Implementasi Kerja Sama, Fakultas Ekonomi Univet Bantara & Fakultas Ekonomi Universitas Setia Budi menyelenggarakan Pelatihan Mendeley

Sukoharjo – Sebagai bentuk tindak lanjut dari Memorandum of Agreement (MoA), Fakultas Ekonomi Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo berkolaborasi dengan Fakultas Ekonomi Universitas Setia Budi menyelenggarakan pelatihan yang bertajuk “Optimalisasi Mendeley dalam Penulisan Karya Ilmiah”. Kegiatan tersebut terselenggara melalui dua sesi, yaitu pada hari jum’at 9 Desember 2022 pukul 13.00 wib secara online dalam rangka persiapan teknis instalasi aplikasi Mendeley, serta pada (12/12/2022) di Hotel Aziza Solo secara luring dalam rangka pelatihan optimalisasi Mendeley versi terbaru. Event tersebut dihadiri oleh Dosen Fakultas Ekonomi dari Univet Bantara dan Universitas Setia Budi.

Mendeley adalah aplikasi yang membantu dalam penyisipan, penulisan, dan pemformatan sitasi atau citation. Software ini merupakan salah satu aplikasi wajib bagi dosen maupun mahasiswa, khususnya bagi mereka yang sedang menulis artikel ilmiah, seperti skripsi, tesis, maupun disertasi.

Dalam sesi sambutan, Wakil Dekan Fakultas Ekonomi Univet Bantara, Yoppy Syahrial, S.E., M.M. menyampaikan,”Melalui kegiatan ini, diharapkan nantinya akan ada semacam artikel kolaborasi antara Fakultas Ekonomi Univet Bantara dan Fakultas Ekonomi Setia Budi,” Dr. Widi Hariyanti, SE., M.Si, selaku Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Setia Budi menambahkan, “Ya. kami juga berharap kedepannya Univet Bantara dan Universitas Setia Budi bisa bekerja sama di berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi kedua belah pihak.”

Pelatihan mendeley dalam penulisan karya ilmiah ini dipandu oleh Dr. Dewi Kusumaningsih, M.Hum dari Univet Bantara. Disamping itu, ada juga Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Setia Budi, Dr. Waluyo Budi Atmoko, M.M. Sebagai narasumber kedua yang menyampaikan materi berjudul “What Is A Research Gap?”.

“Research Gap merupakan salah satu factor penting yang perlu ditonjolkan dalam penulisan artikel ilmiah yang berkualitas. Penting bagi setiap peneliti untuk mengidentifikasinya lewat berbagai cara, salah satu nya melalui studi literature dari artikel terdahulu” ungkap Waluyo.

Dalam sesi pelatihan, Dewi menjelaskan mengenai cara melakukan optimalisasi aplikasi Mendeley versi terbaru, yang terdiri dari tiga tools yaitu dengan Mendeley Reference Manager, Mendeley Cite, dan Mendeley Web Importer. “Dengan adanya pembaruan tersebut, proses penulisan artikel ilmiah kita akan semakin mudah. Hal ini dikarenakan kita dapat memperoleh sitasi dari referensi terbaik. Dampaknya, kepercayaan diri kita sebagai penulis akan meningkat”.

Copyright © 2022 - UNIVET BANTARA