Mahasiswa Prodi Teknik Sipil Univet Lulus Tanpa Mengerjakan Skripsi

Mahasiswa Prodi Teknik Sipil Univet pada wisuda kali ini ada yang lulus tanpa mengerjakan skripsi, hal ini bisa terjadi karena mahasiswa bisa mengganti skripsi menjadi publikasi jurnal ilmiah nasional terakreditasi Science and Technology Index (SINTA) minimal sinta 4.

 

Kaprodi Teknik Sipil Univet, Tantin Pristyawati menyampaikan, di era merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) ini menuntut mahasiswa untuk kreatif dan inovatif. Adanya kebijakan pengganti skripsi yang digulirkan Fakultas Teknik Univet pada masa Pandemi Covid-19 menjadi dasar prodi memberikan kesempatan bagi mahasiswa tingkat akhir mempublikasikan karya tugas akhirnya pada jurnal ilmiah terindeks minimal Sinta 4 untuk dapat diakui sebagai pengganti skripsi. Tentu saja dalam prosesnya mahasiswa tetap didampingi oleh dosen pembimbing dalam menyusun dan menerbitkan artikel sebagai pengganti skripsi.

 

Pada Wisuda Ahli Madya ke-4, Sarjana ke-50, dan Pascasarjana ke-20 Univet Bantara tahun 2022 yang berlangsung pada 10 November 2022, terdapat dua mahasiswa prodi teknik sipil yang lulus dengan publikasi pada jurnal ilmiah terindeks Sinta 3. Kedua mahasiswa tersebut adalah Hendriquita Karonsih Widyapsari Boru Pinem dengan artikel berjudul Analysis of the Influence of Additional Plastic Waste (HDPE) as Mixed Asphalt AC-WC on Marshall Parameters dan Slamet Widodo dengan artikel berjudul Durability of Concrete Based on the Remaining Life of the Building Case study: Reinforced Concrete in Klaten District.

 

Hendriquita, salah satu mahasiswa yang lulus tanpa skripsi menyampaikan dalam prosesnya publikasi artikel lebih rumit karena perlu menyusun referensi pendukung selain data yang diperoleh dari hasil uji di laboratorium. Apalagi jurnal yang dituju mensyaratkan artikel dibuat dalam bahasa Inggris bukan dalam bahasa Indonesia.

 

Copyright © 2022 - UNIVET BANTARA