Kunjungan Studi Banding D4 Manajemen Informasi Kesehatan Polhas ke D3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan Univet Bantara

Sukoharjo – Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo Program Studi D3 Rekam Medis & Informasi Kesehatan kembali mendapatkan kesempatan untuk menerima kunjungan studi banding dari Politeknik Harapan Bangsa Surakarta Program Studi D4 Manajemen Informasi Kesehatan Politeknik Harapan Bangsa Surakarta. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Selasa (23/8) kemarin.

Rombongan studi banding tersebut terdiri dari dosen dan mahasiswa prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan Polhas Surakarta. Rombongan diterima oleh Dekan FKMIK, Ketua Prodi D3 RMIK beserta jajaran dosen, dan tenaga kependidikan. 

Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat dan Ilmu Kesehatan Wartini, S.K.M, M.Sc pada saat sambutan menyampaikan kerja sama yang terjalin dapat diimplementasikan menjadi berbagai kegiatan dalam bentuk tri dharma yang bermanfaat bagi kedua institusi. 

Ketua Program Studi D3 Rekam Medis & Informasi Kesehatan Prita Devy Igiany, S.Kep., M.P.H menyampaikan bahwa kegiatan studi banding tersebut merupakan salah satu bentuk implementasi kerja sama di bidang pendidikan yang sudah disepakati.

Kegiatan studi banding dilakukan dengan mengunjungi laboratorium prodi D3 Rekam Medis & Informasi Kesehatan.  Di laboratorium manual rekam medis, mahasiswa mempelajari dan berdiskusi terkait subsistem yang ada pada unit kerja rekam medis seperti tempat penerimaan pasien, assembling, coding, indexing,  pelaporan, dan filing. Selain itu  kunjungan juga dilakukan ke laboratorium komputer untuk mempelajari berbagai aplikasi dan sistem informasi kesehatan elektronik. 

Ketua Program Studi D4 Manajemen Informasi Kesehatan Politeknik Harapan Bangsa Surakarta Ratih Prananingrum.,SST., M.Kes., berharap kegiatan tersebut dapat meningkatkan pengetahuan dan skill laboratorium mahasiswa di bidang RMIK.

Copyright © 2022 - UNIVET BANTARA