Gelar Pelatihan Public Speaking “Menjadi Pribadi Lebih Percaya Diri Dan Berprestasi” Sekaligus Tour the Campus berupa Expo Prodi Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo  

 

 

Sukoharjo – Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo Gelar Pelatihan Public Speaking bertema “Menjadi Pribadi Lebih Percaya Diri Dan Berprestasi” sekaligus adakan tour kampus expo prodi yang mengundang narasumber yang ahli dibidangnya yaitu Mas Sulis Setiyono, S.Pd, M.Pd. (Trainer Public Speaking) dengan Open Speech, Prof. Dr. Farida Nugrahani, M.Hum ( Rektor Univet Bantara)  yang diselenggarakan di Auditorium  Univet Bantara pada Selasa (28/6/2022).

Pembukaan Wakil Rektor III

 

Pelatihan public speaking ini merupakan program dari Humas Kerjasama dan Unit PMB ( Penerimaan Mahasiswa Baru) Univet Bantara yang diperuntukan siswa SMA/SMK. Tujuan utama pelatihan public speaking adalah memberikan pelatihan serta pemahaman dalam terciptanya karakter yang lebih percaya diri di depan umum.

Dalam sambutan dan pembukaan acara, Prof. Dr. Farida Nugrahani, M.Hum, Rektor Univet Bantara, menyampaikan bahwa gelar sarjana saja tidak cukup untuk mengakses dunia kerja. Namun, membutuhkan soft skill atau keterampilan di bidang tertentu.

“Kalau kuliah di Univet Bantara banyak sertifikat soft skill atau sertifikat kompetensi menyertai ijazah yang memberikan nilai lebih atau nilai jual lulusan dalam pasar dunia kerja salah satunya soft skill public speaking,” terangnya.

Dalam menyampaikan materi, narasumber Mas Sulis Setiyono, S.Pd, M.Pd berpendapat bahwa keterampilan atau kemampuan berbicara di depan umum sangat diperlukan untuk komunikasi ketika  lulus dari sekolah, kuliah, atau tempat kerja. Hal ini dikarenakan orang yang berinteraksi dengan sesama manusia membutuhkan keterampilan berbicara, terutama ketika berbicara di depan khalayak atau banyak orang.

“Selain ijazah dalam pekerjaan komunikasi itu menjadi hal utama, Sepinter apapun kalau tidak didukung komunikasi yang baik tidak akan bisa berkembang potensi maupun kualitas hubungan dengan orang lain tidak disebut zero kemampuan komunikasinya,” ungkapnya.

Menurut Mas Sulis Setiyono atau  Mr. Tyo, public speaking adalah bentuk komunikasi sekelompok orang didepan umum yang bertujuan untuk memberikan informasi atau mempengaruhi pendengar dan bisa untuk menghibur.

Dalam pelatihan ini Mr. Tyo, selaku narasumber menyampaikan tips public speaking diantara percaya diri, vocal, gesture, communicative, spirit, out fit. Ia juga memberikan tips mengurangi rasa grogi ketika melakukan public speaking diantaranya sebelumnya mengadakan persiapan secara matang materi, pakaian dan sarana prasarana lainnya, menambah jam terbang, imbangi kegiatan fisik, visualisasikan kesuksesan diri, merasa yakin gugup yang dirasakan tidak terlihat jelas di audience, dan audience tidak tahu konten speaker atau pembicara.

Kegiatan ini dimeriahkan tour the campus berupa expo Prodi Univet Bantara dan praktik kuliah langsung. Selain itu peserta memperoleh e-sertifikat, bingkisan sovenir dan doorprize menarik.

Copyright © 2022 - UNIVET BANTARA