LPPM Univet Bantara Selenggarakan Workshop Penulisan Artikel Jurnal Internasional Bereputasi

Pada Selasa (21/6/2022) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Univet Bantara Sukoharjo telah menyelengarakan Workshop yang membahas mengenai “Penulisan Artikel ke Jurnal Internasional Bereputasi”.

Acara dilaksanakan secara online melalui via zoom dengan diikuti oleh sekitar 71 peserta yang berasal dari berbagai tinggi, namun peserta yang paling mendominasi ialah dosen di Lingkungan Univet Bantara Sukoharjo.

Acara pembukaan workshop, Prof. Dr. Ali Mursyid WM, M.P selaku Kepala Pusat Hilisasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat memberikan laporan tentang jalannya Workshop penulisan Artikel di Jurnal Internasional Berreputasi. Prof Dr. Ali Mursyid WM, M.P juga mewakili Rektor Univet Bantara Sukoharjo yaitu Prof.Dr. Farida Nugraheni, M.Hum untuk membuka acara wokshop pada pagi ini.

Dilanjutkan dengan pemaparan materi dari Keynote Speaker oleh Bapak Dr. Djatmiko Hidajat, M.Pd dan Narasumber oleh Ibu Iis Siti Aisyah, S.T., M.T., Ph.D yang telah memiliki berbagai pengalaman mengenai kepenulisan artikel di berbagai jurnal internasional bereputasi. Beliau merupakan Dosen Teknik Mesin Universitas Muhmmadyah Malang menjadi reviewer salah satu Jurnal bereputasi Q3.

Oleh karena itu, pada sesi pemaparan materi narasumber menyampaikan pengalamannya dalam menulis manuskrip publikasi. Apalagi, Manuskrip itu sendiri merupakan karya tulis ilmiah yang akan diterbitkan ke dalam sebuah jurnal. Maka dari itu tulisan dalam manuskrip dituntut untuk ringkas, jelas, padat dan tajam agar pembaca manuskrip mudah memahami alur dalam penulisan manuskrip.

Iis Siti Aisyah, S.T., M.T., Ph.D menyampaikan bahwa mengapa pentingnya menulis di jurnal Internasional Bereptutasi melalui kolaborasi dengan pihak lain, seperti dosen lintas Negara, kolaborasi mahasiswa. Hal penting yang perlu diperhatikan dalam menulis artikel ilmiah dan sitasi referensi dari jurnal ilmiah.

Kemudian, beliau juga memberikan informasi mengenai bagaimana menulis yakni “Dalam menulis manuskrip terdapat lima hal yang wajib atau pokok  yaitu meliputi judul abstrak, pendahuluan, metode, hasil dan diskusi. Karakteristik manuskrip bersumber dalam rangkaian proses penelitihan, gaya penulisan fokus pada isu, pemaparan harus consice atau ringkas tajam dan padat, disusun untuk submitting to jurnal artinya manuskrip yang sudah siap diajukan untuk dipublikasikan dalam sebuah jurnal”.

Lebih lanjut dalam acara ini, Lu’luatul Chizanah, S.Psi., M.A., juga mempraktekan penulisan manuskrip yang benar dan menarik. Tidak lupa diakhir workshop beliau juga memberikan motivasi dan ajakan semangat kepada peserta. Bahkan beliau memberikan tips dalam menulis manuskrip, yakni “3 tips dalam menulis manuskrip antara lain yang pertama tentukan target jurnal, yang kedua temukan dan yakini kualitas riset, yang terakhir temukan partner atau coauthorship yang tepat” ujarnya.

Rektor Univet Bantara Sukoharjo hadir pada saat proses diskusi. Prof. Dr. Farida Nugraheni, M.Hum mengapresiasi telah berlangsungnya acara yang cukup meriah tersebut. Apalagi, terbentuknya acara ini didasarkan oleh tujuan untuk membangkitkan semangat serta menambahkan wawasan dan pengetahuan mengenai penulisan artikel dalam naskah jurnal.

Terlaksananya acara ini diharapkan dapat membangkitkan rasa semangat dan memberikan pemahaman kepada dosen-dosen Univet bantara Sukoharjo, untuk dapat berkarya dengan menciptakan berbagai karya penelitian.

Copyright © 2022 - UNIVET BANTARA