Tim Dosen FKMIK Laksanakan Edukasi Dan Pelatihan Cara Menjaga Kesehatan Orga Reproduksi Pada Remaja Putri Pondok Pesantren Roja (Hidayatullah) Sukoharjo

Sukoharjo- Kesehatan reproduksi merupakan suatu keadaan dimana seseorang memiliki kesejahteraan fisik, mental dan sosial yang utuh serta bukan hanya tidak adanya penyakit atau kelemahan saja, namun juga dalam segala hal yang berhubungan dengan sistem reproduksi dan fungsi-fungsinya serta proses-prosesnya. Sedangkan menurut UU No 23 tahun 1992 seseorang dikatakan sehat apabila mampu produktif secara ekonomi.

Sumber pers rilis pelaksana : Foto bersama ketua tim

Remaja putri akan mengalami fase perubahan secara fisik dan fisiologis. Perubahan-perubahan ini akan mempegaruhi kondisi kesehatan remaja putri. Mulai dari perubahan secara fisik, terjadinya menstruasi dan munculnya beberapa permasalahan terkait organ reproduksinya. Perubahan-perubahan yang terjadi  tidak semua remaja putri memahami bagaimana cara untuk menjaga kesehatan reproduksinya. Maka dari itu suatu kegiatan edukasi dan pelatihan cara menjaga kesehatan reproduksi pada remaja putri dirasa penting untuk diberikan.

Tim dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat dan Ilmu Kesehatan Universitas Veteran Bangun Nusantara yang diketuai oleh Ibu Yul Asriati, S.Psi., M.P.H, dalam releasenya menjelaskan bahwa penyelenggaraan kegiatan edukasi mengenai kesehatan reproduksi yang kemudian disertai dengan pelatihan cara untuk menjaga organ reproduksi bagi para remaja putri di Pondok Pasantren Roja (Hidayatullah) Sukoharjo. Adapun beberapa materi yang disampaikan adalah mengenai pendekatan tabunya permasalahan reproduksi wanita yang disampaikan oleh Ibu Yul Asriati, S.Psi., M.P.H materi ini bertujuan untuk membuka wawasan remaja putri di Pondok Pasantren Roja (Hidayatullah)  bahwasannya permasalahan kesehatan reproduksi adalah sesuatu yang ilmiah dan terjadi pada remaja putri yang kemudian diperlukan sebuah upaya (perilaku) pencegahan agar tidak muncul permasalahan-permasalahan akibat kurangnya menjaga organ reproduksi remaja putri.

Sumber pers rilis pelaksana : Foto bersama tim pengabdian dan mahasiswa

Pada kesempatan berikutnya materi mengenai sistem organ reproduksi disampaikan oleh Ibu Syefira Ayudia Johar, S.ST., M.K.M, materi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman lebih jelas mengenai bagaimankah cara kerja organ reproduksi pada wanita. Selanjutnya materi mengenai berbagai macam penyakit pada organ reproduksi disampaikan oleh Bapak Farid Setyo Nugroho, S.K.M., M.Kes, materi ini bertujuan agar remaja putri di Pondok Pasantren Roja (Hidayatullah) lebih memahami macam-macam penyakit yang sering muncul pada organ reproduksi wanita. Harapan dari materi ini adalah agar remaja putri di Pondok Pasantren Roja (Hidayatullah)  tidak takut dan sadar mengenai risiko penyakit yang muncul pada organ reproduksi wanita. Selanjutnya Ibu dr. Hani Arindra Hirmawati memberikan pelatihan mengenai bagaimanakah cara menjaga organ reproduksi wanita. Pelatihan ini akan memberikan ketrampilan bagi remaja putri di pondok pasantren Roja (Hidayatullah) Sukoharjo agar dapat melakukan perawatan organ reproduksi dan dapat meminimalisir risiko munculnya penyakit-penyakit pada organ reproduksi wanita baik itu sebelum menstruasi dan setelah menstruasi.

Copyright © 2022 - UNIVET BANTARA