UKM Mapala GAN Univet Bantara Ajak Masyarakat Rutin Donor Darah

Calon pendonor lakukan pengecekan kesehatan

Sukoharjo- Sebagai wujud kepedulian kepada sesama, UKM Mapala GAN Univet Bantara bekerjasama dengan PMI menyelenggarakan kegiatan donor darah dengan tema “Setetes Darahmu, Sejuta Manfaat Untukku” Kegiatan donor darah kali ini dilaksanakan pada Selasa tanggal 14 Juni 2022 mulai pukul 08.00 WIB sampai 11.30 WIB. Acara ini dilaksanakan di Auditorium Univet Bantara Sukoharjo, bekerja sama dengan PMI Sukoharjo. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa dan masyarakat sekitar kampus .

Mella Rizki selaku ketua panitia Donor Darah menyampaikan harapannya dengan adanya donor darah ini. “Kegiatan donor darah ini dilakukan secara rutin oleh UKM Mapala Gema Arga Nusa yang sudah berjalan ketiga kalinya di tahun ini, yang harapannya memacu semangat dari mahasiswa dan masyarakat umum agar hidup sehat dengan melakukan donor darah secara rutin.”

Rektor Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, Prof. Dr. Farida Nugrahani, M.Hum menambahkan bahwa “Kegiatan Donor Darah yang rutin dilaksanakan oleh UKM MAPALA Univet Bantara, merupakan kegiatan yang membanggakan dan perlu kita dukung, harapannya semua dosen, karyawan, mahasiswa turut berpartisipasi dalam kegiatan Donor Darah tersebut, selain kita menyemangati mahasiswa yang telah menyelenggarakan kegiatan donor darah, juga bisa menunjukkan kepada masyarakat jiwa sosial kita, karena darah kita adalah nyawa bagi pasien yang membutuhkan, kita akan selalu dukung kegiatan sosial seperti ini supaya terus berjalan, selain menumbuhkan jiwa sosial juga sebagai sarana kita untuk selalu berpartisipasi dalam pembangunan Indonesia.”

Rektor Univet Bantara screening kesehatan

Para peserta yang akan mengikuti kegiatan ini wajib untuk melakukan registrasi pendonor. Pendonor diminta untuk mengisi form yang telah disediakan dari pihak PMI sebelum ke meja PMI untuk diperiksa kesehatannya baik itu kadar Hb, tekanan darah maupun cek kesehatan lainnya. Total pendaftar kegiatan ini sebanyak 51 calon pendonor. Kegiatan donor darah ini mengumpulkan 38 kantong darah yang diambil dari pendonor yang telah lolos tahap screening.

Salah satu peserta yang baru pertama kali mengikuti donor darah Tofik mahasiswa  PGSD terlihat cukup tegang walaupun sudah memenuhi persyaratan. “Kesan pertama kali donor darah itu sedikit tegang karena yang ada di pikiran kalau suntik donor darah itu besar, tapi ketika sudah di coba ternyata tidak terasa apa-apa, namun pada saat akan di cabut itu lumayan pegal. Semoga kegiatan ini bisa dijadikan kegiatan rutin,” ujarnya.

“Terimakasih sudah mengadakan donor darah, dari sekian tahun tidak donor darah karena terhalang pandemi, harapannya kegiatan donor darah bisa di adakan rutin di kampus,” Ungkap  Ahmad  mahasiswa Rekam Medis 2019 yang sudah rutin mengikuti aksi dalam kegiatan ini.

Copyright © 2022 - UNIVET BANTARA