PRESS RELEASE PELAKSANAAN INOVASI PEMBELAJARAN
Pada Hari Rabu Tanggal 6 Desember 2023 Program Studi Teknologi Hasil Pertanian (THP) melaksanakan kegiatan diseminasi inovasi pembelajaran dalam rangka pelaksanaan Program Hibah PKKM (Program Kompetisi Kampus Merdeka) Tahun 2023. Diseminasi tersebut merupakan puncak dari serangkaian acara inovasi pembelajaran Case-Based Learning (CBL) dan Project-Based Learning (PjBL). Penerapan pembelajaran dilaksanakan melalui tahapan-tahapan sebagai mekanisme kompetisi antar dosen yaitu Workshop (Juli 2023); Pembuatan instrumen pembelajaran (Juli-Agustus); Penilaian instrumen pembelajaran (September); Penetapan mata kuliah yang menerapkan CBL dan PjBL (Oktober 2023); penerapan CBL dan PjBL (Akhir Oktober s/d Akhir November). Pada model pembelajaran CBL, dua kandidat mata kuliah yang dinilai berpotensi dilaksanakan yaitu Kimia Hasil Pertanian (KHP) dan Ilmu Pengetahuan Bahan (IPB). sedangkan model pembelajaran berbasis project (PjBL), dua kandidat mata kuliah yang dinilai berpotensi yaitu Lingkungan dan Pengelolaan Limbah dan Teknologi Roti dan Kue. Berdasarkan penilaian mata kuliah yang siap melaksanakan model pembelajaran berbasis kasus (CBL) adalah Kimia Hasil Pertanian sedangkan model pembelajaran berbasis project (PjBL) adalah Lingkungan dan Pengelolaan Limbah. Komitmen program studi dalam mendukung penerapan model pembelajaran tersebut ialah menyediakan alat-alat laboratorium yang handal diantaranya pH meter, colorimeter, oven, dan mixer. Diseminasi ini ditujukan untuk mengevaluasi serta merefleksikan kegiatan yang terlaksana, dengan didatangkan Narasumber ahli pada bidangnya yaitu Dr. Fitri Rahmawati, S.Pd., M.P dan Dr. Ilmawan Mustaqim, S.Pd T., M.T, yang keduanya berasal dari Universitas Negeri Yogyakarta. Dalam penilaiannya disampaikan bahwa kasus dan project yang diangkat sangatlah baik dan berpotensi dilanjutkan pada program lainnya termasuk Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Dosen THP melalui kegiatan inovasi pembelajaran tersebut dinilai sudah layak untuk menggunakan model pembelajaran berbasis kasus dan project. Tentu hal tersebut menjadi motivasi bagi program studi untuk terus berkembang beradaptasi untuk mewujudkan lulusan Program Studi Teknologi Hasil Pertanian dalam mengembangkan riset dan keilmuan di bidang teknologi hasil pertanian yang unggul, bereputasi global, adaptif, inovatif, dan kolaboratif. Inovasi pembelajaran yang telah dilaksanakan menghasilkan video pembelajaran dan modul yang dapat digunakan sebagai role model untuk mata kuliah lainnya.